Penyebab Obesitas Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu permasalahan serius yang banyak ditakutkan orang dewasa. Dengan obesitas, mereka tidak lagi cantik dan langsing. Tapi, permasalahan ini tidak hanya melanda orang dewasa namun juga anak-anak. Obesitas, baik pada anak-anak ataupun pada dewasa tidak hanya berbicara mengenai tubuh mereka yang gemuk, namun penderitanya juga rentan mengalami banyak masalah kesehatan karena kondisi tersebut. Anak dengan obesitas akan membuatnya susah bergerak dan beraktifitas, mudah terserang kencing manis, hipertensi, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lainnya. Karena itulah, obesitas perlu ditindaklanjuti agar tidak mendatangkan bahaya kesehatan pada anak.
Lalu, apa sih sebenarnya penyebab obesitas pada anak?
Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab obesitas pada anak diantaranya yaitu karena faktor keturunan (genetik), kurang gerak, terlalu sering mengkonsumsi junk food, porsi makan yang besar, minuman ringan, dan sering makan sebelum tidur.
Saat mom melihat anak mulai terserang obesitas, maka ada baiknya mom segera bertindak agar obesitas anak tidak semakin parah, karena semakin parah tingkat obesitas, maka akan semakin sulit untuk di atasi. Berikut beberapa kiat untuk mengatasi anak yang obesitas agar tidak semakin parah:
Perhatikan Pola dan Menu Makan Anak
Terkait pola dan menu makan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu, tidak makan banyak sebelum tidur, tidak terlalu banyak atau sering mengkonsumsi junk food, memberikan menu sehat pada anak, tidak lupa memberikan sayuran dalam menu, serta menyuruh anak untuk makan buah-buahan segar.  
Pola makan yang salah seperti misalnya makan sebelum tidur atau makan dalam porsi sangat besar akan membuat timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini akan semakin parah jika anak malas gerak dan juga menyukai cemilan atau junk food. Untuk itu, ada baiknya mom mulai membuat pola makan yang teratur dan jangan biarkan anak makan banyak sebelum tidur.
Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan yaitu membuat menu makan yang sehat dan hindari anak untuk tidak terlalu sering dan terlalu banyak makan junk food. Jangan lupa menyertakan sayuran segar dalam menu makan anak disamping lauk pauknya. Selain itu, mom juga perlu mengingatkan anak untuk makan buah-buahan yang mom siapkan ya. 
Ajak Anak Olahraga Bersama
Jika anak mom termasuk anak yang malas gerak dan lebih suka tidur atau duduk di layar televisi selama berjam-jam, maka ia memiliki potensi untuk obesitas, apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan sambil ngemil. Untuk itu, untuk mencegah anak obesitas ataupun agar obesitas anak tidak semakin parah, ada baiknya mom segera mengajak anak untuk melakukan aktifitas fisik. Ajak anak setiap pagi untuk olahraga ringan di taman, baik hanya sekedar jogging santai, bersepeda, dan berbagai olahraga fisik lainnya . Ini dirasa cukup bisa membuat anak terlepas dan terhindar dari obesitas.
Siapkan Bekal untuk Anak
Hm, ada baiknya mom mulai menyiapkan bekal makan siang untuk anak ke sekolah. Karena mom tidak tau apa yang dimakan anak di sekolahnya. Bisa saja ia membeli junk food ataupun makanan yang kurang hiegienis. Untuk mencegah hal itu, maka membuatkan bekal menjadi solusi yang tepat. Dengan membuatkan bekal, maka mom bisa mengontrol asupan gizi anak dan tentunya mom bisa membuatkan menu makan yang sehat agar gizi anak tetap terjaga.
Nah, itu dia beberapa kiat untuk mengatasi agar obesitas anak tidak semakin parah dan berguna juga untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak.
Namun, jika obesitas anak sudah termasuk tingkat tinggi, maka selain tetap rutin melakukan beberapa kiat di atas, ada baiknya mom juga segera membawa anak ke dokter untuk konsultasi. Karena jika obesitas anak sudah parah, mom perlu bekerjasama dengan dokter dan tidak bisa lagi melakukannya sendiri.
Sumber gambar : inimy.online

Penulis : Sulistya


EmoticonEmoticon