Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi Pada Anak


Menjaga kebersihan gigi dan mulut anak sejak dini adalah hal yang terpenting dan sangat berguna bagi si kecil saat ia mulai tumbuh dewasa. Selain berguna membentuk kebiasaan baik, mengajari anak untuk menjaga kebersihan gigi bisa menghindarinya dari berbagai penyakit yang bisa menyerang gigi dan mulut.
Ada banyak sekali masalah gigi dan mulut yang bisa menyerang anak seperti misalnya gigi berlubang, karies, banyaknya karang pada gigi, sariawan, dan bau mulut. Semua masalah gigi dan mulut itu terjadi karena mulut anak tidak bersih dan ada banyak kuman bersarang dalam gigi dan mulutnya.
Tak hanya itu saja, kebersihan dan kesehatan gigi juga berhubungan erat dengan penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Gigi yang sehat akan membuat seseorang bisa senyum lebih ceria dan percaya diri, sementara seseorang dengan gigi yang tidak sehat seperti berkarang, berlubang, dan struktur gigi yang rusak karena kuman tentu saja menimbulkan rasa tidak percaya diri, terutama saat ia menginjak usia remaja.
Saat berbagai dampak buruk itu terjadi, mom sebagai orangtua tentu saja akan merasa menyesal karena tidak mengajari anak menjaga kebersihan giginya sejak dini. Untuk itu, agar mom tidak menyesal dikemudian hari, ada baiknya mom segera membantu anak untuk menjaga kesehatan giginya agar ia terbiasa menjaga kesehatan giginya dan mendapatkan gigi yang sehat hingga dewasa dan tua nanti.
Ajari Anak Rutin Menggosok Gigi
Cara sederhana agar kebersihan gigi dan mulut anak tetap terjaga adalah dengan mengajari si kecil untuk rutin gosok gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Dengan menggosok gigi, maka sisa makanan yang berpotensi menimbulkan kuman,dan karang/plak bisa dibersihkan.
Cara ini memang terlihat gampang, tetapi pada kenyataannya inilah tantangan terberat bagi seorang ibu karena kebanyakan anak cenderung malas dan tidak mau saat diajak untuk gosok gigi. Agar anak tidak malas gosok gigi, mom bisa melakukan beberapa tips berikut :
# Katakan pentingnya gosok gigi. Anak malas gosok gigi bisa terjadi lantaran dia tidak tau apa manfaat dari kegiatan tersebut. Karena itu, sebagai langkah awal, mom bisa memberikan penjelasan bagaimana pentingnya gosok gigi bagi kesehatan mulut si kecil kelak. Katakan juga bagaimana bahayanya jika si kecil malas gosok gigi.
# Lakukan secara bersama-sama. Agar anak tidak malas gosok gigi, mom bisa melakukannya secara bersama-sama dan jika bisa ajak juga suami. Hal ini sangat penting karena anak biasanya lebih senang jika menggosok gigi bersama orangtuanya. Selain itu, dengan menggosok gigi bersama, mom tentunya juga bisa mengajarkan anak bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar.
# Sikat gigi yang lucu. Memberikan sikat gigi dengan karakter lucu akan mampu membuat anak menjadi senang untuk gosok gigi. Jika perlu, mom bisa mengajak si kecil untuk membeli sikat gigi dengan motif dan karakter yang mereka senangi. Namun, perlu diingat juga untuk memilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut agar anak nyaman menggunakannya.
Nah, biasanya cara tersebut bisa membuat anak tidak malas lagi untuk menggosok gigi. Mom mungkin juga memiliki cara kreatif lain agar anak mau gosok gigi. Yang terpenting adalah ajak anak dengan penuh kasih sayang dan hindari cara pemaksaan ataupun kemarahan ya.
Kurangi Makanan Manis
Bagi anak-anak, semakin manis makanan maka semakin enak. Namun, terlalu banyak mengkonsumi makanan manis justru akan membuat gigi anak berlubang karena kuman berkembang biak dengan baik dalam mulut, apalagi jika si kecil malas menggosok gigi.
Agar makanan manis, seperti permen tidak mendatangkan dampak buruk pada kesehatan gigi si kecil, maka mom bisa membatasi jumlah makanan manis yang dikonsumsi si kecil. Selain itu, jangan lupa ajak si kecil untuk menggosok gigi setelah ia makan makanan manis.
Selain makanan manis, untuk mencegah gigi berlubang atau karies, ada baiknya juga batasi konsumsi makanan asam dan bersoda.
Rutin Chek Up ke Dokter Gigi
Agar kesehatan gigi anak benar-benar terjaga, ada baiknya mom rutin membawa anak ke dokter gigi setidaknya satu kali dalam 6 bulan. Ini berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan ataupun masalah lain pada gigi anak. Kita tidak tau pasti apakah gigi anak benar-benar sehat atau tidak meskipun sudah menggosok gigi secara teratur. Dengan Chek Up, maka dokter biasanya akan memeriksa kondisi gigi anak. Dan dari sana akan dapat diketahui apakah gigi anak berpotensi untuk rusak atau tidak. Jika iya, maka mom bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter agar masalah gigi tersebut tidak semakin parah.
Penulis : Sulistya


EmoticonEmoticon