Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya


Sebagai orangtua, kita tentu saja cemas melihat anak tidak mau makan. Saat mom memberikan makanan dan mencoba menyuapinya, anak justru menolak dan memilih untuk bermain atau bahkan terkadang menangis dan rewel. Masalah ini memang menjadi masalah umum di alami oleh banyak orangtua yang memiliki anak usia 1-5 tahun.
Namun, jika tidak segera diatasi, maka hal ini bisa menjadi masalah serius bagi kondisi anak. Seperti yang kita tau, makanan menjadi salah satu sumber gizi agar anak tetap bertumbuh dengan baik dan sehat. Jika gizi tidak ada, maka kesehatan anak mulai terganggu. Berbagai penyakit akan lebih mudah menyerang anak.
Sebelum kita lihat apa saja kiat untuk mengatasi anak susah makan, ada baiknya kita intip dulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab anak susah makan. Dengan melihat penyebab, maka kita juga bisa menentukan langkah untuk mengatasinya. Penyebab anak susah makan sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor. Pertama, bisa disebabkan oleh gangguan fisik. Penyebab ini bisa seperti misalnya anak tengah mengalami radang tenggorokan, demam, pilek, tumbuh gigi, gangguan organ pencernaan, dan berbagai gangguan fisik lain.
Kedua, Psikologis. Penyebab anak susah makan kali ini berkaitan dengan kondisi psikologinya. Ia mungkin bosan dengan makanan yang itu-itu saja, suasana yang kurang menyenangkan, kekurangan selera makan, lebih suka mengkonsumsi cemilan, tengah bad mood, atau mungkin tengah asik-asiknya bermain.
Mom mungkin pernah melihat salah satu penyebab itu terjadi pada anak hingga membuat anak susah untuk makan. Dan, mungkin ada berbagai penyebab lain yang mom temukan. Untuk mengatasi anak susah makan, mom bisa melakukan beberapa cara berikut ini:
Atasi gangguan fisik pada anak
Seperti yang diungkapkan sebelumnya, salah satu penyebab anak susah makan adalah karena mengalami gangguan fisik seperti misalnya gangguan pada organ pencernaan, radang tenggorokan, pilek, demam, batuk, dan berbagai gangguan lainnya. Untuk mengatasi anak susah makan karena penyebab ini, mom tentunya perlu mengatasi penyebabnya dulu. Mom bisa ke dokter untuk mengatasi penyakit fisik pada anak tersebut. Anak biasanya akan kembali mau makan begitu penyakitnya sembuh.
Buatkan menu yang bervariasi dan menarik
Mengatasi anak susah makan salah satunya bisa dilakukan dengan membuatkan makanan yang bervariasi dan menarik. Penyebab anak susah makan bisa saja karena ia bosan dengan makanan yang itu-itu saja sehingga selera makannya berkurang. Untuk itu, mom bisa membuatkan makanan yang lebih bervariasi dan dihidangkan dengan bentuk yang menarik agar selera makan anak mulai tumbuh.
Jika sebelumnya, mom lebih sering memberikan ikan, maka hari ini mom bisa membuatkan ayam ataupun telur. Dan, jika sebelumnya mom terus menerus memberikan brokoli, maka mom bisa mencoba wortel ataupun buncis untuk menu berikutnya. Yang terpenting adalah bagaimana mom tidak memberikan menu yang itu-itu saja setiap harinya dan bagaimana mom menghidangkannya dengan semenarik mungkin.
Ciptakan suasana makan yang menyenangkan
Bagaimana kondisi dan suasana makan anak juga menentukan apakah anak mau makan atau tidak. Untuk itu, mom juga perlu pintar bagaimana menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Mom bisa menyelinginya dengan candaan ataupun cerita agar anak senang dan mau memakan makanannya.
Banyak mom yang sering menyuapi anaknya saat sang anak tengah bermain bersama temannya atau asik menonton. Jika memang cara ini cukup handal, maka mom bisa melakukanya. Namun, ada baiknya terlebih dahulu mom mencoba untuk menghentikan kegiatan anak saat makan dan biarkan anak fokus makan bersama mom, hal ini tidak hanya untuk mencegah anak tersedak dan berpotensi mengganggu pencernaannya, tetapi mom dan anak bisa menikmati waktu makan tersebut bersama.
Ajak anak untuk menyiapkan makanan
Biasanya anak lebih bersemangat makan saat ia menyiapkan sendiri makanannya. Untuk itu, tidak ada salahnya mom mengajak anak untuk menyiapkan makanannya sendiri. Selain itu, mom juga bisa melepaskan anak untuk mulai mencoba makan sendiri. Namun, tetap dalam perhatian dan pengawasan mom. Jika anak suka makan sendiri atau tidak mau disuapi, maka mom perlu memperhatikan menu makanan yang bisa membahayakannya. Ikan misalnya, ada baiknya mom menghilangkan dulu tulang-tulangnya termasuk tulang halus agar mom bisa dengan aman melepaskan anak makan sendiri.
Coba Supplemen atau multivitamin penambah nafsu makan
Jika susah makan anak masih belum bisa diatasi, mungkin mom bisa mencoba supplemen vitamin penambah nafsu makan. Saat ini banyak sekali produk penambah nafsu makan beredar di masyarakat, namun ada baiknya mom cermat dalam memilih produk agar tidak justru memberikan efek negatif lain pada anak. 
Nah, itu dia beberapa kiat untuk mengatasi anak susah makan. Hm, mungkin mom punya kiat lain?

Penulis : Susitya



EmoticonEmoticon