Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Anak


Menjadi hal wajar jika mom langsung panik saat anak mengalami masuk angin. Masuk angin menjadi salah satu jenis penyakit yang tidak begitu berat, sehingga mom sendiri sebenarnya bisa segera mengambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut sendiri di rumah.
Penyebab Masuk Angin Pada Anak
Ada berbagai penyebab yang bisa membuat anak mengalami masuk angin, seperti misalnya, udara ruangan yang dingin dan ber AC, bermain saat hujan (hujan-hujanan), terlalu lama memakai kipas angin, dan berkendara dalam waktu lama.
Nah, mengenali penyebab masuk angin pada anak sangat penting, karena mom bisa mengantisipasi agar masuk angin tidak semakin parah dan juga untuk mencegah anak mengalami masuk angin lagi dikemudian hari. Jika anak masuk angin lantaran udara yang dingin, mom bisa menyikapinya dengan memberikan pakaian hangat ataupun jaket pada anak. Jika anak masuk angin lantaran terlalu lama memakai kipas angin, maka mom bisa menghentikan anak memakai kipas angin.
Gejala Masuk Angin Pada Anak
Beberapa gejala masuk angin pada anak yang sering terlihat yaitu ia bersikap lebih rewel dari biasanya, mengalami perut kembung, mual, pusing, sakit perut, dan terkadang juga disertai demam. Jika mom melihat beberapa tanda itu pada anak, maka kemungkinan besar itu adalah masuk angin. Jadi, mom bisa segera mengambil beberapa tindakan seperti di bawah ini.
Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Anak
Ada banyak cara mudah agar masuk angin pada anak berkurang dan bahkan sembuh. Cara paling utama yaitu dengan menggosokkan minyak telon pada anak. Usapkan telon di sekitar perut, punggung, tangan, dan juga kaki anak. Biasanya beberapa saat setelah itu, gejala masuk angin pada anak akan berkurang.
Cara tradisional lain yaitu dengan membuat ramuan bawang merah yang sudah diiris-diiris, ditambah dengan sedikit minyak kelapa dan telon. Sama halnya dengan telon, ramuan ini juga di usapkan pada bagian perut, punggung, tangan, dan juga kaki anak.
Orang dewasa biasanya menggunakan cara kerokan untuk menghilangkan masuk angin. Untuk anak di atas 2 tahun juga bisa dilakukan cara ini. Hanya saja, jangan menggunakan koin  ataupun logam untuk mengerok, cukup gunakan bawang merah yang sudah dikupas kulitnya dan sudah dibaluri telon sebagai penggosoknya. Menggunakan koin ataupun logam takutnya akan membuat anak kesakitan karena kulit mereka masih sensitif dan sangat lembut. Dengan bawah merahpun, ada baiknya tidak terlalu lama dan juga jangan gosokkan dengan kuat ya.  
***
Nah, beberapa cara tersebut bisa mom lakukan sendiri untuk mengobati masuk angin pada anak. Untuk masuk angin ringan memang mom bisa mengatasinya sendiri di rumah, hanya saja, jika masuk angin ini tidak kunjung sembuh 2 hingga 3 hari, maka ada baiknya mom segera membawa anak ke dokter karena bisa jadi ini bukan masuk angin biasa dan bisa jadi juga itu adalah gejala penyakit lain.

Penulis : Sulistya
Sumber gambar : life.108jakarta.com


EmoticonEmoticon