Cara Mengatasi Anak Susah Minum Obat


Permasalahan yang sering dialami orang tua saat anak demam atau sakit yaitu anak yang tidak mau minum obat. Obat berguna untuk mengurangi sakit dan menyembuhkan penyakit yang tengah diderita anak, jika ia tidak mau minum obatnya, maka sakitnya tidak akan sembuh-sembuh dan justru akan semakin parah. Karena alasan itulah, kadangkala ada orangtua yang memaksa anak untuk minum obat. Mereka memegang kaki dan tangan anak yang meronta sambil menangis, kemudian memasukkan obat ke dalam mulutnya secara paksa.
Namun, obat yang dimasukkan ke dalam mulut anak justru akan dimuntahkan lagi atau keluar dari mulut dengan sendirinya karena anak meronta, sehingga ini akan menjadi percuma. Tidak hanya itu saja, cara ini kadangkala juga membuat anak trauma baik dengan sikap orangtuanya atau dengan obat itu sendiri. Oleh karena itu, jika bisa, ada baiknya gunakan cara halus dan penuh kasih sayang agar anak bisa meminum obatnya tanpa meronta dan tanpa menangis tentunya.  
Bersikap Jujur dan Jelaskan Khasiat Obat yang Mereka Minum
Mengatakan kalau obat tidak pahit sama sekali pada anak sementara setelah ia meminumnya ia merasakan rasa pahit, maka ini justru akan membuat anak mengira kalau mom sudah menipu dan membohonginya. Mom mungkin bisa mengatakan secara jujur kalau obat tersebut memang sedikit pahit, namun pahitnya akan segera hilang saat ia minum air putih.
Katakan juga kalau obat itu akan membuat anak sembuh sehingga ia bisa bersekolah lagi. Jika ia tidak memakan obat itu, maka ia akan terus sakit dan tidak bisa lagi kesekolah dan bermain bersama teman-temannya. Katakan dengan tenang dan penuh kasih sayang. Dan, mungkin mom  juga perlu pintar-pintar merayu anak. Dengan ucapan yang lemah lembut dan dikatakan dengan tulus, maka anak biasanya akan memahaminya.
Berikan Obat Dengan Ceria dan Senang Hati
Memberikan obat dengan wajah tegang dan serius akan membuat anak bisa menangkap kesan kalau obat tersebut pasti rasanya pahit. Karena itu, ada baiknya mom memperlihatkan wajah ceria dan sambil bercanda tawa saat hendak memberikan obat pada anak. Ini bisa mengurangi rasa was-was anak akan obat dan membuatnya merasa tenang dan tidak akan terjadi masalah apa-apa jika ia minum obat tersebut.
Berikan Hadiah
Anak-anak biasanya sangat menyukai hadiah, karena itu mom bisa menjanjikan hadiah kepada anak jika ia bisa meminum obatnya.  Hadiah seperti membelikannya sesuatu atau mengajaknya jalan-jalan jika sudah sembuh dirasa cukup bisa membuat anak senang dan meminum obatnya. Hanya saja, setelah anak minum obat sebaiknya mom menepati janji mom karena jika tidak, anak tentu saja berpikir mom sudah bersikap curang dan berbohong. Untuk selanjutnya, pastinya dia tidak akan mau minum obat meskipun mom bilang kalau mom akan memberikan hadiah.
Menyelipkan dalam Makanan
Untuk suapan terakhir mungkin mom bisa menaruh obat di dalamnya. Karena bercampur dengan makanan, rasa pahit obat biasanya tidak akan begitu terasa. Ada beberapa orang tua yang sengaja menyelipkan obat dalam pisang, roti, dan berbagai makanan lain agar anaknya bisa makan obat tanpa memaksa atau membuat mereka menangis. Mungkin cara ini juga bisa mom lakukan.
Nah, beberapa cara tersebut jauh lebih baik dibandingkan memaksa dan memarahi anak bukan?
Selamat mencoba ya mom dan semoga si kecil mau minum obat tanpa dipaksa.

Penulis : Sulistya
Sumber gambar: www.ghumi.id
 


EmoticonEmoticon